Tugas Instalasi Software

On Senin, 23 Agustus 2010 0 komentar

Pengertian source code




Dalam ilmu komputer, source code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.Source code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode.



Pengertian shell bash

Shell bash adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.

Pengertian open source



Open Source adalah software ataupun bahasa pemrograman yang tidak berlisensi, tersedia secara bebas/gratis, boleh digunakan oleh siapa saja disertai dengan kode-kode program yang dapat dibuka dan dipelajari alur kerjanya, sehingga diperbolehkan untuk bebas diubah dan dikembangkan guna memperbaiki kelemahan- kelemahan yang terjadi.



Pengertian close source



Close Source adalah software ataupun bahasa pemrograman yang berlisensi, , Sebelum era Open Source muncul, para pengguna dihadapkan pada kenyataan bahwa semua program komputer adalah bersifat komersil sehingga apabila dipakai pada PC-nya harus membeli program yang berlisensi agar tidak dikatakan membajak. Namun walaupun seseorang telah mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak untuk membeli lisensi tersebut, tetap saja pengguna tidak mendapat yang terbaik dari apa yang dibelinya. Karena yang dilisensikan hanya penggunaan dari binary code-nya saja sedang untuk Source Code tetap dirahasiakan, akibatnya jika dalam program itu terdapat bugs atau kesalahan dan pengguna sebenarnya dapat memperbaikinya namun ia tidak dapat berbuat apa-apa karena dicegah oleh isi lisensi itu.

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Next Post Previous Post
Powered by Blogger